Friday, April 13, 2012

Trik Perkalian 3 digit dengan 2 digit

halo pengunjung Sering saya mengunjungi beberapa blog matematika, pada umumnya mereka memberikan trik-trik perkalian yang se level, misalnya perkalian bilangan 2 digit dengan 2 digit, perkalian bilangan belasan, perkalian bilangan 3 digit dengan 3 digit, perkalian bilangan 4 digit dengan 4 digit dan lain- sebagainya. namun jarang sekali saya temukan atau bahkan samapai sekarang saya belum pernah menemukan blog yang memberikan trik perkalian bilangan yang berbeda. berbeda yang saya maksudkan adalah bilangan 3 digit dikalikan dengan bilangan 2 digit, perkalian bilangan 3 digit dengan bilangan 4 digit, bilangan 4 digit dengan 2 digit atau yang lainnya.

Pada postingan ini akan coba saya ulas mengenai perkalian bilangan-bilangan tersebut di atas. dua buah bilangan jika dikalikan satu sama lain artinya mengalikan setiap digit antar kedua  bilangan tersebut. sebagai ilustrasi 34 x 56 maka akan terjadi 4 perkalian yaitu : 
1. 4 x 6 
2. 3 x 6
3. 4 x 5 
4. 3 x 5 



Dengan memahami konsep tersebut maka perkalian perkalian bilangan yang berbeda digit dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Ok sampai disini dulu pada kesempatan yang akan datang akan saya lembapi postingan ini, maaf ....bersambung

No comments:

Post a Comment