Monday, October 14, 2013

Archimedes__Tukang Angkut barang yang suka berendam

Archimedes seorang ahli matematika dan penemu yang penuh semangat, dilahirkan sekitar tahun 287 SM. Salah satu bukti kreativitasnya, ia mampu membuat pompa untuk menaikkan air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi, pompa ini digunakan untuk irigasi, di kapal dan di pertambangan dan masih digunakan dibeberapa belahan bumi hingga kini. 



Ia juga menciptakan peralatan astronomi dan merancang alat untuk pertahanan kotanya pada saat perang. dikenal sebagai ilmuawan yang mempunyai kemampuan lebih, ia mempunyai kekuatan untuk memindahkan benda-benda yang sangat berat. Dengan hanya menggunakan pengungkit sederhana, roda gigi, dan katrol barang - barang yang sangat berat mampu ia pindahkan, Archimedes menentukan silinder terkecil yang dapat memuat sebuah bola dan kemudian menemukan cara menghitung volume bola. Gambar bola / silinder terpahat di atas batu nisannya.

Sebuah legenda menceritakan bahwa ketika Archimedes masuk kedalam bak mandinya untuk mandi, ia telah mengungkap rahasia tentang bagaimana ia bisa menentukan kemurnian benda emas dengan menggunakan metode merendam ke dalam air yang sama. Ia sangat gembira dengan mengungkap rahasia itu, sehingga ia melompat keluar dari bak mandinya dan berlari telnajng di jalanan kota sambil berteriak, "Eureka! Eureka ! (aku telah menemukannya).

postingan yang terkait :
1. Kepercayaan Aneh Phytagoras
2. Kisah Angka Nol
3. Golden Rasio, Ada Rahasia di Baliknya

No comments:

Post a Comment